Breaking News

POSITIF COVID-19 DI MIMIKA BERTAMBA MENJADI 22 PASIEN


Timika Papua, Tren24jam.com  - Tim gugus tugas penaganan covid -19 kabupaten mimika menginformasihkan bahwa hingga kamis 16 april 2020 jumlah PDP 64, ODP 157, OTG 232 dan pasien positif virus corona  22 orang angka ini menunjukan bahwa penyebaran covid-19 di mimika papua terus meluas, karena sebagian warga mimika belum mentaati himbauan dan istruksi bupati mimika eltinus omaleng, terkait warga di minta agar tetap dirumah atau melakukan karantina mandiri. Ujar jubir kepada wartawan, melalui konferensi pers yang difasilitasi Diskominfo, Kamis (16/04/20) malam.

Pasien positif bertambah karena berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium yang telah terkonfirmasi, hari ini ada penambahan 3 pasien positif di Mimika.

Terkait penambahan ini, Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 di Mimika akhirnya menyampaikan inisial mereka yang positif Covid-19 kepada media. Tiga pasien baru yang diumukan adalah pasien positif 020 berinisial HRP (pria, 53 tahun), alamat Jalan Hasanuddin. Pasien 021 berinisial YLR (perempuan, 21) alamat Jalan Hasanuddin dan pasien positif 022 yakni RNS (wanita, 49) alamat Koperapoka.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas, Reynold Ubra mengatakan pasien positif 020 merupakan cluster lembang, begitupun dengan pasien 021. Hanya saja 021 merupakan transmisi lokal generasi kedua. Sementara pasien 022 merupakan generasi kedua dari pasien positif 017 dan 018.

“Kalau kita melihat dari jumlah kasus positif dari empat kluster maka terbanyak adalah Cluster Lembang. Pada generasi pertama positif 13 (59 persen) generasi kedua 3 orang. Jakarta 3 (13,36) Surabaya 2 (9 persen) dan Makassar 1 orang", ujarnya.

Tim gugus tugas kabupaten mimika menginformasihkan bahwa pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 64  dan PDP yang sudah pulang sebanyak 21 serta PDP yang masih dirawat 24 orang. ujar jubir pada wartawan,

Sementara untuk orang tanpa gejala (OTG) sebanyak 232, orang dalam pemantauan (ODP) 157 dan jumlah positif covid-19 sebanyak 22 orang. Selain itu, jumlah pasien yang positif sembuh sebanyak 4 orang dan jumlah pasien positif meninggal sebanyak 3 orang.

Dengan terjadinya peningkatan ini tentunya menunjukan bahwa penyebaran covid-19 di mimika papua terus meluas, oleh karena itu hingga saat ini pemerihtah kabupaten mimika terus menghimbau kepada seluruh warga kabupaten mimika agar tetap dirumah atau melakukan karantina mandiri serta berpola hidup sehat agar terhindar dari covid-19,
Meskipun sudah ada himbauan dari pemerintah daerah. Namun masih saja ada warga yang beraktifitas seperti biasa dan mengabaikan himbauan tersebut, padahal himbauan tersebut untuk menjaga keselamatan bersama agar memutuskan mata rantai penyebaran virus corona di kabupaten mimika.

Sementara itu sudah memasuki hari kedua ini dinas perhubungan kabupaten mimika menutup beberapa jalan di kota timika, seperti jalan yos sudarso, bogenvile, serui mekar, perempatan jalan pendidikan dan pertigaan jalan hasannudin.

Penutupan beberapa jalan ini mulai dari pukul 14.00-pukul 18.00 Wit. Tujuan penutupan jalan tersebut untuk membatasi agar warga mimika tidak beraktifitas lagi, namun terpantau seperti di jalan budi utomo aktfitas warga masih berjalan seperti biasanya.

Seharusnya warga tidak melakukan aktifitas lagi dan melakukan karantina mandiri, guna memetuskan mata rantai covid-19.


Penulis : Dedi