Breaking News

POSITIF VIRUS CORONA (COVID-19) DI KAB. TIMIKA BERTAMBA MENJADI 8 PASIEN

Timika Papua,Tren24jam.com | Tim Gugus Tugas Virus Corona COVID-19 di kab.mimika menyampaikan, Hingga hari ke-17, Minggu tanggal 5 maret 2020 sebanyak 8 pasien di Mimika dinyatakan positif Covid-19. Dan jumlah ini termasuk pasien 03 yang telah meninggal beberapa hari lalu.

Sebelumnya Mimika hanya memiliki 3 pasien positif virus corona. Namun pada Sabtu kemarin Tim Gugus Tugas mengirimkan 5 sample baru ke Jayapura, hasil 5 pasien tersebut semuanya positif covid-19. Kata jubir Minggu (05/04/20) melalui Grup Whatssap wartawan di mimika.

“Hasil pengiriman 5 sample kemarin oleh RSUD, semuanya positif corona. 3 dari cluster lembang hasil tracing kontak, sedangkan 2 kasus besok akan dilakukan tracing kembali baru bisa dipastikan. Jadi secara keseluruhan hingga hari ini, Mimika sudah 8 orang positif. Selain itu 14 PDP, 61 OPD dan 85 OTG,” jelasnya.

Dari 3 kasus awal yang positif kami sudah menghentikan tracing kontak terhadap kasus 01 dan 02 dengan jumlah tracing kontak sebanyak 43 orang. sedangka dari kasus positif 03 jumlah tracing kontak masih akan bertambah, kata jubir.

Kepada masyarakat Mimika, Reynold Ubra mengingatkan bahwa penularan corona virus ini masih akan bertambah karena masyarakat masih tetap melakukan aktifitas seperti biasa.

“Mestinya masyarakat harus tetap di rumah. Pemerintah Kabupaten Mimika sangat serius untuk menanggulangi masalah ini sehingga dibutuhkan kesadaran masyarakat yang tinggi,” tegasnya.

Sementara itu terkait dengan hasil pemeriksaan kedua pasien 01 dan 02 positif corona, Reynold mengatakan masih menunggu konfirmasi lebih lanjut sebab baru melewati 2 kali masa pemeriksaan.

Ia mengatakan sebanyak 14 PDP saat ini sedang dirawat di rumah sakit. Pihaknya juga tengah menunggu pemeriksaan sampel dari pusat dan provinsi karena dari 14 PDP ini, 12 pasien sampelnya juga sudah dikirim.

“Dari 14 pasien PDP ini, 7 dirawat di RSUD sedangkan 7 lainnya di RS Tembagapura,” ujarnya singkat.
Ubra mengatakan, hasil tracing kontak dari Sabtu kemarin hingga Minggu malam, Tim Gugus Tugas menemukan 3 PDP, 11 OPD dan 18 OTG.

Sejak awal pemerintah sudah sampaikan bahwa rumah sakit, puskesmas, klinik dan tenaga kesehatan tidak cukup untuk merawat pasien Covid-19. Hanya dengan tetap di dalam rumah merupakan cara yang paling ampuh untuk menghentikan penularan virus ini, jelasnya.

Saya berharap masyarakat harus turut mendoakan pasien yang sedang dirawat supaya dapat dinyatakan negatif dan sembuh serta dapat kembali bertemu dengan keluarga dan kerabat. Penyembuhan yang paling ampuh adalah doa dan dukungan masyarakat, ujarnya.

Jubir menambahkan, kegiatan hari Senin besok, Tim Gugus Tugas akan melanjutkan tracing kontak di Mapurujaya, baik dari 5 pasien positif maupun 4 pasien lainnya yang kini berstatus PDP.

Sekali lagi saya berharap masyarakat jangan keluar rumah dan jangan abaikan larangan yang sudah disampaikan pemerintah, dan jangan juga membuat stigma. Kunci keberhasilan ini ada di masyarakat. Masyarakat patuh, mata rantai ini semakin terputus dan memudahkan kami melakukan tracing. Jika tidak maka akan terus ada kasus baru dan tracing kontak baru, ungkapnya.

Penulis : Dedi