Breaking News

Pati Bersolek, Anggaran Negara 21 Milyar Dialokasikan Untuk Renovasi Trotoar

Pati, Tren24jam.com - Jelang musim penghujan Pemerintah Kabupaten Pati kebut renovasi 6 titik trotoar di sepanjang jalan P Sudirman, Jiwonolo, Pemuda, Wachid Hasim, Tentara Pelajar, Dan M H Thamrin.

Renovasi trotoar yang menelan anggaran 21 milyar dari APBD Provinsi Jawa tengah tersebut, diharapkan sejumlah warga masyarakat dapat berjalan maksimal. 

"ke enam titik lokasi pembangunan trotoar itu setiap musim penghujan datang selalu banjir menggenangi jalan raya, hal itu disebabkan oleh saluran air yang tidak berjalan lancar." Ucap Bowo, salah satu warga Kelurahan Pati Kidul. (Senin, 19-10-2020)

Ditemui diruang kerjanya, Kepala Dinas DPUTR  (Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang-red) melalui, Arief Wahydi, Kepala Bidang Cipta Karya menuturkan, direncanakan bulan Desember sudah rampung.

"Rencananya bulan Desember ini selesai, dari ke 6 titik lokasi pembangunan trotoar tersebut dikerjakan oleh 2 PT dan 2 CV." Terangnya.

Dirinya menambahkan, selama ini pihaknya sudah melakukan pengawasan secara interen melalui staf tenaga ahli.

"Staf-staf ahli tehnik setiap hari turun di lapangan untuk melakukan pengawasan." Imbuhnya.

Sementara, ketika diberikan informasi melalui pesan WhatsApp, prihal pernyataan Sonik, pemilik CV Sari Mulyo dan Sari Bekti yang mengerjakan di 3 titik lokasi pembangunan trotoar mengaku, bahwa CV'nya dipinjam oleh orang lain, dirinya menjawab.

"Ya kalo dr pihak PU semua sesuai pemenang dr proses lelang mas." Tulisnya.

Diharapkan renovasi trotoar yang menelan anggaran negara milyaran rupiah tersebut dapat berjalan maksimal dan transparan kepada publik. Oleh sebab itu, peran penting dari warga masyarakat maupun aparatur penegak hukum dalam proses pengawasan sangat dibutuhkan. Jangan sampai spesifikasi dalam proyek pembangunan fasilitas umum dijadikan ajang bisnis oleh oknum yang tidak bertanggungjawab untuk meraup banyak keuntungan.  (PJ)