Babinsa Koramil 03/ Bantu Evakuasi Barang Barang Warga Yang Terkena Banjir Akibat Luapan Air Sungai

Babinsa Koramil 03/ Bantu Evakuasi Barang Barang Warga Yang Terkena Banjir Akibat Luapan Air Sungai


Lampahan,Tren24jam.com-Telah terjadi banjir luapan air sungai pada Rabu 27/01/2021sekira jam 20:00 di Desa Lampahan Induk, Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah akibat dari hujan deras dan penyempitan saluran air sungai oleh material sampah organik maupun anorgani.

Akibat kejadian tersebut anggota TNI dari Koramil 03/Timang Gajah Kodim 0119/BM segera menuju lokasi kejadian untuk membantu mengevakuasi barang barang warga dari luapan banjir tersebut.

Komandan Kodim 0119/BM Letkol Inf Valyan Tatyunis melalui Danramil 03/TG Kapten Inf Abdul Azis membenarkan bencana banjir akibat dari penyempitan saluran air (sungai) oleh sampah organik maupun anorganik di tambah lagi hujan deras yang mengguyur dari siang hari tadi.

Musim Pancaroba ataupun cuaca ekstrim di mana siang panas terik menjelang sore hujan lebat dengan intensitas yang cukup tinggi mengakibatkan debit air yang melewati sungai bertambah deras serta adanya penyempitan parit saluran air oleh salah satu warga yang sedang membangun rumah mengakibatkan luapan air cukup deras hingga memasuki permukiman warga dan beberapa instansi pemerintah mengalami kerusakan.

Dari kejadian ini Tiga (3) Rumah warga mengalami rusak parah, Balai pengajian mengalami rusak parah dan Pos gardu induk kantor unit PLN wilayah lampahan mengalami rusak ringan akibat luapan air setinggi 30 cm dengan kerugian ditaksir mencapai +- Rp 150.000.000,"Tambah nya

Berikut identitas pemilik rumah korban luapan air antara lain, Sulaiman (45) Pedagang, Suginem (65) Petani, Abdullah Sapari (34) Pedagang semuanya merupakan warga lampahan induk.

Saat ini Kami bersama Polsek Juga masyarakat membantu membersihkan material lumpur dari luapan air yang masuk ke rumah warga secara manual dan mengevakuasi barang barang milik warga terdampak luapan air dan kita juga sudah berkordinasi dengan pihak BPBD. sambung Danramil

Sementara ini warga yang rumahnya terdampak banjir kita himbau agar menginap di rumah sanak saudara terdekat. "Ucap Danramil

Dengan cuaca yang cukup ekstrim di wilayah Kab.Bener Meriah dan tidak menentu, dimana pagi hingga siang cukup panas memasuki sore hari hujan turun dengan intensitas yang cukup Deras hingga malam.

"Diharapkan masyarakat meningkatkan kewaspadaan tentang siaga bencana untuk meminimalisir terjadinya korban baik harta maupun Benda. "pungkasnya

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan topik dan tidak menaruh link aktif. Terima kasih atas perhatiannya.

Previous Post Next Post