Breaking News

Plt. Bupati Dailami Tutup Lomba Seni Didong Tradisional Gayo


Redelong, tren24jam.com- Pelaksana Tugas Bupati Bener Meriah Dailami secara resmi menutup pertunjukan lomba seni didong tradisional Gayo Minggu malam di Gedung Olah Raga dan Seni Pemkab Bener Meriah (16-01-2022)

Dalam arahannya, Plt. Bupati Dailami menyampaikan, momen-momen atau kegiatan yang menyangkut dengan kesenian tradisional harus diberikan apresiasi, karena banyak kandungan dan nilai-nilai didalamnya. “Secara harfiah (bahasa keilmuan yang saat ini digunakan-red), pertunjukan tradisional seperti seni didong ini bisa menjadi sarana pendidikan seni, adat dan budaya, khususnya bagi anak-anak kita,”katanya

Menurut Dailami, pengaruh globalisasi dan teknologi, jika ditelusuri memiliki tingkat rawan 70 persen, apalagi jika penggunaannya oleh anak-anak kita yang lepas dari pengawasan kita, seperti internet dan handphone. Yakinlah, jika tidak adanya kegiatan pertunjukan seni seperti ini, hanya sebagian kecil dari pada anak-anak kita yang mencari sumber kesenian daerah melalui akses yang mereka punya.

Katanya lagi, akses-akses yang diciptakan budaya barat sudah mampu menguasai pola pikir, bahkan perilaku anak-anak kita untuk semakin jauh dari seni kedaerahan. Upayanya, melalui kegiatan atau pertunjukan lomba seni didong tradisional gayo seperti inilah, kita harus mampu mengajak dan menarik minat agar nilai-nilai tradisional Gayo akan tetap terus terdengar di masyarakat luar. “Untuk itu, dengan tidak mengurangi rasa hormat, kami ucapkan ribuan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini.  lancarnya kegiatan ini, tentunya tidak lepas dari pada peran dan kerjasama pihak-pihak terkait, baik panitia maupun aktor yang berperan, karena bagaimanapun juga, kegiatan pertunjukan seperti ini telah menjadi upaya dalam melestarikan seni dan budaya, serta menjadi bentuk kecintaan kita kepada adat dan budaya kita semua, masyarakat Gayo,”ucap Plt. Bupati Dailami.

Diakhir arahannya, Dailami menyampaikan, atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Bener Meriah, dirinya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang turut berkontribusi atas suksesnya pertunjukan seni didong tradisional ini, semoga, kita semua dapat mengambil nila-nilai positif dari setiap rangkaian didong yang telah dilaksanakan sampai dengan saat ini, dan semoga, anak-anak kita, para generasi muda kita, dapat turut serta mengambil peran dalam melestarikan kesenian, adat dan budaya tradisional gayo yang kita cintai ini.

Tidak ada komentar

Berkomentarlah sesuai dengan topik dan tidak menaruh link aktif. Terima kasih atas perhatiannya.