Breaking News

Dibuka Bupati Shabela, ESQ Bentuk Aparatur Berkarakter

Takengon, tren24jam.com - Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar kegiatan pelatihan Emotional and Spiritual Quotient (ESQ) training, dalam rangka meningkatkan kinerja dan reformasi birokrasi khususnya bagi aparatur di jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tengah, bertempat di Aula Hotel Grand Bayu Hill - Takengon, Sabtu (05/03/22).

Setidaknya diikuti oleh 110 orang Peserta dari jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tengah dan menggandeng Trainer ESQ Nasional, Cut Nova Elita, SE, M.Si selaku narasumber kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar.

Dikatakan Bupati dalam sambutanya, reformasi birokrasi merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk mencapai Good Governance dengan melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan Organisasi Ketatalaksanaan dan SDM.

"Hadirin yang berbahagia, ESQ ini merupakan pelatihan kepemimpinan dan pengembangan kepribadian dengan membentuk karakter tangguh yang kemudian memadukan konsep kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) secara terintegrasi (membaur) dan transendental (menonjol)" ungkap Shabela.

Lebihlanjut ditambahkan Shabela Abubakar, bahwa training ESQ merupakan metode menambah atau mengisi kembali energi emosional mental dan spiritual agar memiliki kemampuan beradaptasi dengan perubahan apapun, kemampuan bertahan dalam kondisi apapun, kemampuan bekerjasama dengan siapapun, kemampuan memahami dan mempelajari hal baru dengan cepat, serta kemampuan untuk dapat berprestasi dalam kondisi apapun. 

"Besar harapan kami, setelah dibekali dengan pola pemikiran dan skill yang positif, seluruh peserta pelatihan ini dapat memberikan dampak dan energi positif bagi lingkungan sekitar, dilingkungan kerja, di tengah masyarakat maupun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara", harap Bupati Shabela menutup sambutannya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tengah Drs. Uswatuddin, M.AP mengatakan, dengan diselenggarakannya kegiatan yang bertujuan untuk mewujudkan peningkatan kualitas sumber daya manusia ini, diharapankan kualitas mental dan spiritual para aparatur dapat semakin meningkat dan memiliki pribadi yang berkarakter tangguh, mempunyai semangat untuk terus meningkatkan pelayanan publik.

Semoga setelah mengikuti training ini, para aparatur jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan semakin termotivasi untuk semakin berprestasi disetiap kehidupannya, terutama saat memberikan pelayanan sebagai Aparatur Negara di Kabupaten Aceh Tengah pada umumnya dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan pada khususnya, pungkas Kadis Dikbud Uswatuddin.

Tidak ada komentar

Berkomentarlah sesuai dengan topik dan tidak menaruh link aktif. Terima kasih atas perhatiannya.