Breaking News

Latber Pacuan Kuda Tradisional Gayo Dalam Rangka HUT Kota Takengon Ke-445 Resmi Dibuka Bupati Aceh Tengah

Takengon, tren24jam.com - Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar membuka secara resmi event Latihan Bersama (Latber) Pacuan Kuda Tradisional Gayo dalam rangka Memeriahkan Hari Jadi Kota Takengon Ke-445, dilapangan Pacuan Kuda HM Hasan Gayo, Belang Bebangka Pegasing, Senin (21/02).

Dalam sambutannya, Bupati Shabela menyebutkan bahwa peringatan hari jadi Kota Takengon harus dijadikan momentum berkelanjutan untuk menjaga dan melestarikan budaya Pacuan Kuda.

Dikatakannya, selama ini pacuan kuda telah menjadi media penghubung antara jejak jaman masa lalu dengan generasi masa kini. Oleh karena itu, adalah hal yang bijak bilamana Pacuan Kuda harus terus digalakkan dan menjadi identitas tradisi masyarakat Gayo, terutama di Kabupaten Aceh Tengah.

“Para leluhur telah mempertahankan seni berkuda sampai masa kini. Sekarang kewajiban bagi kita untuk terus mempertahankan dan melestarikan tradisi budaya pacuan kuda,” kata Shabela.

Lebih lanjut Bupati Shabela juga menyebutkan bahwa pihaknya akan terus berupaya untuk meningkatkan arena pacuan kuda Haji Muhammad Hasan Gayo di Belang Bebangka Pegasing agar lebih menjadi representatif dan memenuhi standar nasional untuk pacuan kuda.

Namun disebutkannya, upaya ini harus mendapat dukungan seluruh elemen masyarakat dan kolaborasi antar pemerintah maupun swasta, karena sejauh ini pemerintah daerah memiliki banyak keterbatasan untuk membiayai sendiri seluruh sarana dan prasarana arena pacuan kuda.

Ditegaskannya, langkah ini perlu dilakukan dan menjadi perhatian banyak pihak, mengingat lapangan pacuan kuda HM Hasan Gayo Belang Bebangka digadang akan menjadi tempat pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut Tahun 2024 untuk cabang olahraga berkuda.

“Sebab Tim Ferivikasi PON Ke-21 Tahun 2024 sudah meninjau arena pacuan kuda kebanggaan kita ini untuk dijadikan sebagai bagian dari lokasi penyelenggaraan PON mendatang,” lanjut Shabela.

Sebelum menutup sambutannya, orang nomor satu di Kabupaten Aceh Tengah itu menitip pesan agar seluruh komponen yang terlibat dapat berpartisipasi dan bekerjasama dengan baik, sehingga latihan bersama pacuan kuda dapat berjalan dengan sukses dan lancar sesuai harapan.

“Dalam keadaan pandemi seperti saat sekarang ini, saya berharap kepada kita semua untuk menjaga protokol kesehatan dengan ketat agar selalu dalam keadaan sehat.” Pinta Bupati.

Sebelumnya, Ketua Pordasi Aceh Tengah Zuhaidi dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan latihan bersama pacuan kuda tradisional Gayo dalam rangka memeriahkan HUT Kota Takengon Ke 445 Tahun 2022 diikuti oleh 216 ekor kuda yang bertanding pada 14 kelas pacuan dengan 72 race pertandingan selama satu minggu hingga tanggal 27 Februari 2022 mendatang.

Ketua Pordasi Aceh Tengah itu juga menyebutkan bahwa sepanjang penyelenggaraan latihan bersama ini pihak panitia menyediakan tiga gerai vaksinasi. Harapannya, momentum latihan bersama pacuan kuda ini akan dapat memacu angka vaksinasi Covid-19 di kabupaten berhawa sejuk itu.

Tidak ada komentar

Berkomentarlah sesuai dengan topik dan tidak menaruh link aktif. Terima kasih atas perhatiannya.