Breaking News

Pemkab Bersiap Gelar Internasional Gayo Sport Tourism "Tour de Lut Tawar 2022"

Takengon, tren24jam.com - Berangkat dari ide dan gagasan Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar yang menginginkan terlaksananya gelaran even olahraga bersepeda bertaraf Internasional yang berlangsung di Kabupaten Aceh Tengah.

Menindak lanjuti hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melalui Dinas Pemuda dan Olahraga menggelar rapat persiapan pelaksanaan Internasional Gayo Sport Tourism bertajuk "Tour de Lut Tawar 2022", bertempat di Ruang kerja Bupati Aceh Tengah, Kamis (06/01/22).

Perlombaan balap sepeda bertaraf Internasional tersebut digadang-gadang akan digelar pada 9 September 2022 mendatang dengan melibatkan keikutsertaan peserta dari 5 Negara Tetangga.

Bupati Shabela mengatakan, lomba balap sepeda yang perdana akan digelar ini, semoga dapat menjadi agenda tahunan dan akan didaftarkan ke Badan Balap Sepeda Internasional.

"Untuk mewujudkannya kita akan bekerja sama dengan PB ISSI (Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia) dalam penyelenggaraan, termasuk mendaftarkan balapan ini masuk kalender Balap Sepeda Internasional," ujarnya.

Direncanakan pelaksanaan kegiatan tersebut dapat menyinggahi sejumlah obyek wisata, seperti kawasan perkebunan kopi, perkebunan kentang dan tanaman holtikultura utamanya pastilah mengitari track seputaran Danau Lut Tawar.

Namun diakuinya, untuk pelaksanaan kegiatan tersebut, membutuhkan dana yang tidak sedikit, anggaran tersebut belum termasuk biaya penyelenggaraan, promosi dan hadiah lomba.

"Oleh karenanya dibutuhkan support dukungan pendanaan dari berbagai pihak, baik dari Kementerian, maupun dari Pemerintah Provinsi, demi suksesnya penyelenggaraan event yang akan menjadi salah satu sarana untuk mempromosikan pariwisata dan berbagai potensi Daerah ke Dunia Internasional.

Diharapkan kehadiran event tersebut nantinya dapat membangkitkan pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui adanya kunjungan wisata serta ajang penyaringan potensi atlit balap sepeda dari Dataran Tinggi Tanoh Gayo, pungkas Shabela Abubakar Bupati Aceh Tengah.

Tidak ada komentar

Berkomentarlah sesuai dengan topik dan tidak menaruh link aktif. Terima kasih atas perhatiannya.