Breaking News

HARI PERTAMA TIM GABUNGAN GUGUS TUGAS TEMUKAN 5 ORANG POSITIF RAPID TES, SAAT LAKUKAN PSDD

Timika Papua, Tren24jam.com - Hari pertama Tim Gabungan Gugus Tugas  Kab.mimika laksanakan PSDD sesuai  intruksi Gubernur Provinsi Papua di tindalanjuti Bupati Mimika, dan di laksanakan oleh Tim Gabungan Gugus Tugas pada hari kamis (21/05/20) siang tadi, di temukan 5 orang pengendara roda dua positif RAPID TES saat petugas lakukan tes kepada pengendara yang melangar intruksi bupati kab.mimika.

5 orang pengendara yang dinyatakan positif RAPID TES, langsung di isolasi di tempat khusus yang sudah di sediakan oleh pemerintah.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kabupaten Mimika, Reynold Ubra mengatakan salah satu kebijakan yang terintegrasi pada pelaksanaan PSDD ini adalah melakukan rapid tes atau tes antibodi kepada masyarakat yang ditemukan melanggar PSDD.

“Sore hari ini kami tim kesehatan hadir bersama aparat gabungan untuk melakukan tes cepat antibodi untuk selanjutnya menjaring kasus dan mengisolasi kasus".

Ia mengatakan banyaknya kasus di Mimika ditentukan karena adanya pergerakan manusia. Bagi masyarakat yang terjaring, secara mekanisme tes rapid diawali dengan pengisian foam untuk ditesting dan foam persetujuan melakukan isolasi mandiri di rumah.

Kami akan mendata nama lengkap, NIK, nomor phone supaya kami bisa memantau jika dia positif.

Dan kemudian penananganan selanjutnya dengan merujuk untuk pemeriksaan konfirmasi penegakan diagnosa dengan PCR. Kami juga akan mengumumkan nama-nama yang dinyatakan positif melalui tes antibodi ini. Saya kira ini adalah bagian daripada menyelesaikan sebab di era PSDD ini.

Untuk diketahui, tim kesehatan yang terdiri dari dokter, petugas laboratorium dan penyelidikan epidemologi saat ini tersebar di 8 titik yaitu depan Gereja Tiga Raja, pertigaan Jalan Cenderawasih-Budi Utomo, Depan Pom lama, Pasar Lama, Timika Mall, Nawaripi, Pari Wisada dan SP 2.

“Sampai sore ini pukul 16.52 Wit sudah dilakukan rapid tes terhadap 118 orang. Dari jumlah ini 115 negatif sedangkan 3 positif rapid tes. Ini data yang sudah terupdate ke saya. Bisa saja bertambah karena saat ini penjagaan dan pemeriksaan masih terus berlangsung,” ungkapnya.