Dalam Rangka Upacara (HAB) Ke-75, Bupati Shabela Sampaikan Sambutan Menteri Agama

Dalam Rangka Upacara (HAB) Ke-75, Bupati Shabela Sampaikan Sambutan Menteri Agama


Takengon,Tren24jam.com-Puncak peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Ke-75 Tahun 2021 Kementerian Agama di Kabupaten Aceh Tengah, ditandai dengan pelaksanaan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih yang dipusatkan di Halaman Sekolah MAN 1 Takengon, Selasa (05/01).

Upacara yang diikuti seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kemenag Kabupaten Aceh Tengah itu, dipimpin langsung oleh Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar selaku Pembina Upacara dan turut dihadiri oleh jajaran Forkopimda serta undangan lainnya.

Bupati Shabela saat membacakan sambutan Menteri Agama RI mengatakan, sejalan dengan tema Hari Amal Bakti Kementerian Agama tahun ini, yaitu “Indonesia Rukun” mengajak seluruh jajaran Kemenag untuk menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju.

"Dikatakannya, di Negara yang berdasarkan Pancasila ini, tidakada diktator mayoritas atau tirani minoritas. Dalam kaitan itu, semua umat beragama dituntut untuk saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing, dimana hak seseorang dibatasi oleh hak-hak orang lain.

“Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar dengan bangsa lain di dunia” tuturnya.

Selain itu, Menteri Agama juga mengingatkan tentang semangat Kementerian Agama baru dan semangat baru dalam mengelola Kementerian Agama, yang diterjemahkan dalam beberapa kata kunci, yakni manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik, penguatan moderasi beragama, serta persaudaraan.

Sebelum menutup sambutannya, Menteri Agama melalui Bupati Shabela mengajak agar seluruh anak bangsa untuk mengedepankan akal sehat dan hikmah/kebijaksanaan dalam menyikapi berbagai persoalan keumatan dan kebangsaan saat ini maupun dimasa-masa yang akan datang. 

“Dirgahayu 75 Tahun Kementerian Agama. Mari jadikan agama sebagai inspirasi pembangunan Bangsa dan Negara” tutup Shabela.

Dalam upacara yang berjalan lancar dan penuh khidmat itu, turut disertai dengan penyerahan Satya Lencana Karya Sastra 20 tahun dan 30 tahun kepada ASN yang telah mengabdikan dirinya, serta penyerahan tanda kenangan kepada pegawai yang memasuki masa purna tugas (pensiun) dilingkungan Kemenag Kabupaten Aceh Tengah.

Selain itu juga dilakukan pembagian penghargaan dan hadiah bagi siswa, guru dan pegawai yang berprestasi dalam berbagai event perlombaan pada Tahun 2020. 


(Andika)

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan topik dan tidak menaruh link aktif. Terima kasih atas perhatiannya.

Previous Post Next Post