Azhari, SE, M.Si. “Aplikasi SIGAP Kabupaten Bener Meriah Akan Di Jadikan Pilot Projek Pengembangan Di Provinsi Aceh”

Azhari, SE, M.Si. “Aplikasi SIGAP Kabupaten Bener Meriah Akan Di Jadikan Pilot Projek Pengembangan Di Provinsi Aceh”


Redelong,tren24jam.com-Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Provinsi Aceh Azhari, SE, M.Si dan rombongan mengadakan kunjungan kerja ke Kabupaten Bener Meriah dalam rangka melihat secara langsung tentang penerapan Sinstem Informasi Gampong (SIGAP) di 11 Kampung dan sekaligus melaunching Klinik Kampung Sarana Informasi Edukasi Pemerintah (SIEP) di Kecamatan Bukit.

Kedatangan Kepala Dinas DPMG Provinsi Aceh tersebut disambut langsung oleh Sekda Drs. Haili Yoga, M.Si dan didampingi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Drs. Suarman, MM beserta para Kabid dan Camat Bukit Ismail, SE, M.Si dirumah Dinas Sekda Kampung Payah Gajah, Minggu, 27/6/2021.

Setelah diterima Sekda Kepala Dinas DPMG Aceh didampingi Sekda dan rombongan langsung menuju lokasi yang dimulai dari Kampung Uning Teirit, Kampung Babussalam dan terakhir di Kantor Camat Kecamatan Bukit. Secara keseluruhan Kepala Dinas PMG Provinsi Aceh Azhari, SE, M.Si merasa puas dan bangga atas penerapan Sinstem Informasi Gampong (SIGAP) di Kabupaten Bener Meriah dan akan menjadikan SIGAP Kabupaten Bener Meriah sebagai Pilot Projek untuk tingkat Provinsi Aceh.

“Saya berterima kasih dan sekaligus mengapresiasi penerapan Sinstem Informasi Gampong (SIGAP) di Kabupaten Bener Meriah yang begitu sukses dalam penerapannya dan akan menjadikan SIGAP Kabupaten Bener Meriah sebagai Pilot Projek untuk tingkat Provinsi Aceh,” ungkap Azhari, SE, M.Si.

Sementara disisi lain Sekda Drs. Haili Yoga, M.Si terkait kunjungan tersebut juga menyampaikan, sebelumnya kita berterima kasih kepada Kepala Dinas PMG provinsi Aceh dan rombongan yang telah melakukan kunjungan kerja ke Bener Meriah dan melihat secara langsung tentang penerapan Sinstem Informasi Gampong (SIGAP) di Kabupaten Bener Meriah dan beliau sangat mengapresiasi, kata Sekda.

Diterangkan oleh Sekda, SIGAP ini adalah salah sati aplikasi yang dikembang oleh Dinas PMG Provinsi Aceh yang bekerja sama dengan Dikominfo Aceh serta dukunga dari KOMPAK dan sekaligus menjadi bagian dari upaya Pemerintah Aceh dalam membangun informasi yang konek langsung mulai dari Kampung, Kecamatan, Kabupaten hingga Provinsi, dimana SIGAP ini berissisikan tentang infprmasi terkait dengan Kependudukan, DTKS, Siskudes, Perencanaan Anggaran dan Keuangan serta informasi penting lainnya beber Drs. Haili Yoga, M.Si. 

Lanjut Sekda, untuk Kabupaten Bener Meriah ada 11 Kampung yang menjadi contoh dari penerapan Aplikasi SIGAP ini yaitu, Uning Teritit, Babussalam, Batin Wih Pongas, Ujung Gele, Pasar Sp. Tiga, Bale Redelong, Blang Sentang, Rembele, Tingkem Bersatu, Mupakat Jadi dan Delung Asli, jelasnya.

Ditambahkan oleh Sekda, dalam kesempatan tersebut Kadis PMG Provinsi Aceh Azhari, SE, M.Si juga melaunching Klinik Kampung Sarana Informasi Edukasi Pemerintah (SIEP), dan Klinik SIEP ini terbentuk atas dasar adanya berbagai masalah di kampung terkait beberapa aspek,sehingga camat khususnya Camat Bukit membuat inovasi Klinik Kampung SIEP yang terdiri dari 6 Pokja yaitu: Pokja Bidang Pengelolaan Keuangan Kampung, Pokja Bidang Kelembagaan Ekonomi Kampung, Pokja Bidang Pelaporan dan Pertanggung jawaban Keuangan Kampung, Pokja Bidang Peraturan Kampung, Pokja Bidang Pengadaan Barang dan Jasa Kampung dan Pokja Bidang Perencanaan Pembangunan Kampung, ungakap Sekda Drs. Haili Yoga, M.Si menjelaskan.

Dimasing masing Kampung kedatangan Kepala DPMG Provinsi Aceh beserta Sekda dan rombongan disambut langsung oleh para Reje beserta operator sigap kampung.

(Andika real,)

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan topik dan tidak menaruh link aktif. Terima kasih atas perhatiannya.

Previous Post Next Post