Breaking News

Dinkes Adakan Pertemuan Lintas Sektor Pokjanal Dan Pembinaan Posyandu Se-Kabupaten Bener Meriah


Redelong,tren24jam.com-tren2 Kesehatan kabupaten Bener Meriah mengadakan pertemuan lintas Sektor Pokjanal (Kelompok Kerja Operasional) dan pembinaan Posyandu tahun 2021 dalam rangka untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat sekaligus memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan  dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi yang dilaksanakan di Rembele CafĂ© Kampung Baleatu Kecamatan Bukit, dan dibuka oleh Kadis kesehatan Abdul Muis, SE. MT, Rabu, 8/9/2021.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bener Meriah Abdul Muis, SE. MT dalam kata sambutannya manyampaikan, peningkatan kulitas kesehatan harus terus kita perjuangkan dan pembangunan kesehatan harus dilakukan melalui upaya kesehatan secara konfrehensif yang mencakup, peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit, pengobatan serta pemulihan penyakit, katanya.

Dijelaskan oleh Kadis Kesehatan Kabupaten Bener Meriah Abdul Muis, Pokjanal pembinaan Posyandu adalah mengemban tugas dan fungsinya saling berkaitan.  Dalam pembinaan penyelenggaraan Posyandu yang berkedudukan dipusat, provinsi, Kabupaten/Kota dan Kecamatan. Posyandu adalah kelompok kerja yang tugas dan fungsinya ada keterkaitan dengan pembinaan pengelolaan dan penyelenggaraan Posyandu yang berkedudukan di Desa, papar Abdul Muis, SE. MT. 

Diakhir sambutannya Kadis kesehatan mengharapkan dengan adanya pertemuan ini terwujudnya optimalisasi peran dan fungsi Pokjanal Posyandu melalui peningkatan kapasitas kelembagaan dengan tujuan lebih meningkatkan cakupan dan lintas sektor dalam pelaksanaan Posyandu dengan 3 (tiga) aspek manajemen (Aspek program, Aspsek kelembagaan dan Aspek personil), pungkas Abdul Muis, SE.MT.

Sedangkan Ketua Pelaksana Rita Herawati, S.Gz dalam laporannya secara singkat menyampaikan, maksud diadakannya pertemuan lintas Pokjanal Pebinaan Posyandu Kabupaten Bener Meriah Tahun 2021 ini adalah salah satu bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat  serta memberikan kemudahan kepada seluruh masyarakat dalam memperoleh  pelayanan kesehatan dasar, kata Rita Herawati, S.Gz.

Terakhir Rita Herawati, S.Gz. melaporkan, pertemuan tersebut diikuti  oleh 50 (lima puluh) peserta yang terdiri dari, Pengurus TP-PKK kabupaten, Kecamatan dan desa, Para Kabid, Kaise Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, DPMK, Dinas PP,PA dan KB, Bappeda dan Perwakilan Penjab Program Dinkes Kabupaten Bener Meriah, tutupnya.

Tampak dalam pertemuan tersebut selain Kadis Kesehatan juga  hadir Kadis PP, PA dan KB Isnaini, S.Ag, Wakil Ketua TP-PKK Suryati dan undangan lainnya.